Kamis, 25 November 2010

laporan prakerin

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

DI PT.TELKOM INDONESIA

ujungberung


Disusun sebagai salah satu syarat

memenuhi Ujian Nasional di Smk Bakti Nusantara 666 Bandung



DISUSUN OLEH :

Risa D Rinjani : 0809.10.141

Iyar Parera : 0809.10.085





PROGRAM STUDI KEAHLIAN

TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

SMK BAKTI NUSANTARA 666 BANDUNG

2010/2011


HALAMAN PERSETUJUAN


Laporan prakerin ini di setujui dan di sahkan sebagai salah satu syarat memenuhi tugas sekolah untuk mengajukan syarat ujina Nasional di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung pada tahun 2010



Hari :

Tanggal :

Di :



Diterima Disetujui Dipertahankan

Dalam Ujian Sidang



Pembinmbing prakerin pembimbing lapangan




Bpk. Syarif hidayat Bpk. Dedy suhanda



pimpinan perusahaan




Bpk. sunaryanto



iii

HALAMAN PENGESAHAN


Laporan prakerin ini disetujui dan disahkan sebagai salah satu syarat memenuhi tugas sekolah untuk mengajukan syarat Ujian Nasional di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung pada tahun 2010


hari :

tanggal :

di :


Menyetujui


Pembimbing prakerin kepala kompetensi keahlian

Rekayasa perangkat lunak




Syarif. hidayat Hurip permana.ST



Mengesahkan ,

Kepala SMK Bakti Nusantara 666




Deni Daniswara suara,ST






ii

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah. Puji serta syukur saya panjatkan kepada allh Swt. Karena berkat taufik dan hida- yahnya penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporam yang berjudul LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TELKOM UJUNG BERUNG BANDUNG TIMUR .Laporan ini penulis susun untuk memen -uhi salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian akhir Nasional (UAN) di Sekolah Menengah Kejuruan (SM – K) Bakti Nusantara 666.

Berkat bantuan bimbingan serta petunjuk dalam penyusunan laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada yth :

  1. Bapak H.Nandang,selaku ketua yayasan Smk Bakti Nusantara 666

  2. Bapak H.suherman .SE.MM,selaku direktur sekolah Smk Bakti Nusantara 666

  3. Bapak Deni.danis, selaku kepala sekolah Smk Bakti Nusantara 666

  4. Bapak syarif. Hidayat, selaku ketua pelaksana prakerin dan pembimbing lapangan

  5. Bapak irwansyah, selaku pembimbing tekhnis

  6. Bapak sunaryanto, selaku pimpinan perusahaan

  7. Bapak dedy , selaku pembibing lapangan di industri

  8. Seluruh staf pengajar produktif SMK Bakti Nusantara 666 yang telah memberi kami pengajaran terutama untuk terlaksananya Praktek kerja industri (PRAKERIN).

  9. Seluruh pihak yang telah membantu yang tidak dapat di tuliskan satu persatu.

  10. Orang tua serta teman-teman tercinta yang telah memberikan dukungan serta do'a.


Penulis menyadari sepenuhnya,bahwa laporan ini masih jauh untuk dapat dikatakan sempurna. Karena sesun -gguhnya ilmu Allah itu Maha luas dan tidak akan ada habis-habisnya.untuk itu penulis senantiasa menerima masukan dan saran.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulisan,dan umunya bagi para pembaca.


Bandung,1 november 2010



penulis


V

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ......................................................................................................................................I

LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................................................................II

LEMBAR PERSETUJUAN............................................................................................................................III

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ..................................................................................................................IV

KATA PENGANTAR.....................................................................................................................................V

DAFTAR ISI................................................................................................................................................VI

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang.....................................................................................................................................1 1.2 Tujuan ................................................................................................................................................1 BAB II PROSES PEKERJAAN

2.1 Waktu dan tempat pelaksanaan.........................................................................................................2 2.2 Alat dan bahan....................................................................................................................................2 2.3 Gambar kerja......................................................................................................................................3 2.4 Proses pekerjaan.................................................................................................................................4 2.5 Hasil yang di capai...............................................................................................................................6 BAB III TEMUAN

3.1 keterlaksanaan....................................................................................................................................7 3.2 Manfaat yang di rasakan.....................................................................................................................7 3.3 Pengembangan dan tindak lanjut.......................................................................................................7 BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan.........................................................................................................................................8 4.2 Saran...................................................................................................................................................8 4.3 Lampiran-lampiran..............................................................................................................................9 DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................................17






VI

BAB I

PENDAHULUAN

    1. LATAR BELAKANG

Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Nusantara 666 adalah Lembaga Pendidikan Formal yang berdasarkan visi dan misinya bertujuan menyelenggarakan pendidikan menengah kejuruan yang mampu mencetak lulusan berakhlak mulai serta memiliki keahlian yang unggul serta menciptakan lulusannya menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang siap pakai sesuai dengan bidang keahlian yang di pilih.

Penulisan melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) yaitu untuk memenuhi program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja sebagai wujud nyata dari pelaksanaan system pendidikan di SMK Bakti Nusantara 666.penulis melaksanakan prakerin di telkom ujung berung bandung timur.

Penulis memilih Telkom Ujung Berung Bandung Timur karena penulis merasa ingin mengetahui bagaimana cara kerja di Telkom Ujung Berung Bandung Timur dan mampu menerapkan apa yang telah di dapat dari sekolah ke dunia kerja khususnya di Telkom Ujung Berung Bandung Timur .Dan penulis juga ingin mengetahui sejauh mana tenaga informatika di butuhkan di Telkom Ujung Berung Bandung Timur .


      1.2 TUJUAN

Tujuan melaksanakan Prakerin :

  • Untuk mengetahui lebih seksama pengurusan gaji pokok pegawai yang di kelola di Telkom Ujung Berung Bandung Timur .

  • Untuk mengetahui sampai sejauh mana relevansi yang di peroleh di sekolah dengan praktek nyata di lapangan .

  • Untuk memenuhi syarat guna mengikuti Uji Kompetensi program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

  • Sebagai syarat kelulusan di SMK Bakti Nusantara 666.



1

BAB II

PROSES PEKERJAAN

2.1 Waktu dan tempat pelaksanaan

Praktek Kerja Industri di laksanakan mulai tanggal 01 oktober 2010 sampai dengan 30 november , yang kurang lebih selama 2 bulan.

Pelaksanaan di mulai dari hari senin sampai dengan hari jum'at setiap minggunya ,dengan rincian sebagai berikut :

  1. Senin, di mulai pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib

  2. Selasa, di mulai pada pukul 08.00 sam[ai dengan 17.00 wib

  3. Rabu, di mulai pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib

  4. Kamis, di mulai pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib

  5. Jum'at, di mulai pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib

Dalam pelaksanaannya penulis melaksanakan praktek kerja industri di instansi pemerintah di bidang Telkom ujung berung bandung timur. Instansi tersebut adalah Telkom ujung berung bandung timur .

Penulis melaksanakan praktek kerja di Telkom ujung berung bandung timur bagian adminis, yang berlokasi di jln. Ujungbrung cilengkrang 1.


2.2 Alat Dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang di gunakan di bagian administrasi telkom adalah sebagai berikut :

A. Alat

Alat atau fasilitas yang digunakan adalah sebagai berikut :

  1. komputer

  2. flashdisk

  3. printer

  4. scanner

  5. ballpont,pensil,penghapus dan tipe-x

  6. Telephon


2

    7. Pembolong kertas

    8. Filling cabinet

B. Bahan

Bahan yang di gunakan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Kertas HVS

  2. Buku laporan

  3. Bon barang

  4. Map

  5. Kwitansi

2.3 Gambar kerja


























    3

    2.4 Proses pengerjaan

    Pengerjaan pelurusan data :

  • Proses pelurusan data

    Meluruskan data atau menyesuaikan data sesuai dengan no EQN di lapangan.

  • Proses perekapan

    merekap hasil pelurusan data yang sudah filed ke dalam exel.

  • Proses pelaporan

    file hasil perekapan di copy dalam plashdisk, kemudian di serahkan ke bagiannya.

    Gamba 1.1 . tampilan untuk proses pelurusan 2

    Gamba 1.1 . tampilan untuk proses pelurusan 1

    4

    Pengerjaan perekapan data :

  • melihat data di dalam email yang akan di rekap

  • Proses penyalinan data ke dalam exel

  • Proses Print out

    apabila Proses penyalinan data selesai kemudian data diprint out.

  • kemudin data di serahkan kepada bagiannya.

Pengerjaan pengekspedisian data :

  • proses penyalinan apabila ada surat masuk kemudin data di pindahkan ke dalam buku laporan surat masuk.

  • Proses pengarsipan

    surat masuk yang sesudah di salin kemudian di simpan di Lemari arsip, dan di susun menurut bulan.

    Pengerjaan pengukuran no speedy :

  • Proses pengecekan

    dalam proses ini no speedy yang ingin di cek atau di ukur, di copykan ke dalam program Embassy yang di dalamnya terdapat ukuran no speedy.

  • Proses penyalinan

    kemudian setelah kita mengetahui ukuran no speedynya kemudian kita salin ke data yang telah di sediakan.

  • Proses pengcopyan

    data yang telah selesai kemudian di copy ke dalam plashdisk, dan di serah kan k bagiannya.

    Gamba 1.1 . tampilan untuk proses pelurusan

    5

Pengerjaan membuat pelaporan data pencabutan speedy dan tlp :

  • Proses pengecekan data di dalam data

    data di lihat dan di cek sesuai tanggal dan bulan,

  • Proses pengcopyan

    setelah data pencabutan di dapat kemudian data di susun dan di copy di exel.

  • Print out

    setelah semuanya selesai data di print dan di serahkan ke bagiannya.

2.5 Hasil Yang Dicapai

Setelah penulis melaksanakan prakerin selama 2 bulan, penulis dapat mengetahui tatacara pelaksanaan kerja di PT Telkom indonesia ujung berung, yang mana penulis di tuntut untuk mempunyai ketelitian, kesabaran, kedisiplinan, dan kerapihan dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Hasil perkerjaan yang di lakukan selama 2 bulan jauh dari sempurna, baik dalam pengerjaannya maupun dalam kerapihan hasil pekerjaan.

Penulis di tempatkan di bagian administrasi hal ini di lakukan agar penulis mendapatkan wawasan dan pengetahuan dalam bidang pekerjaan, sehingga pada akhirnya penulis akan mendapatkan bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Dalam berakhirnya praktek kerja industri (prakerin) penulis menyadari betapa pentingnya kemampuan dan keterampilan khusus yang harus penulis miliki, maka penulis memperoleh hasil pengamatan sebagai berikut :

  1. mengetahui tatacara dan prosedure dalam pengadministrasian

  2. mengetahui asal usul jaringan dari sebuah telepon

  3. mengetahui tatacara penyusunan sebuah data






6

BAB III

TEMUAN

    3.1 Keterlaksanaan

                Berdasarkan hasil pengamatan penulis pada pelaksanaan prakerin adalah di PT Telkom indonesia ujung berung terdapat 2 faktor yaitu :

                A. Faktor pendukung

  • Banyaknya nasehat, dorongan pembimbing yang sangat membantu penulis dalam menumbuhkan rasa percaya diri, semangat untuk berjuang dan bekerja keras dalam melaksanakan prakerin.

  • Sikap karyawan yang terbuka dan bersahabat mempermudah penulis dalam melaksanakan prakerin selama di perusahaan tersebut

    B. Faktor penghambat

  • Lokasi yang cukup jauh dari tempat tinggal penulis

    waktu pelaksanaan kerja yang lama sehingga penulis merasa jenuh

    3.2 Manfaat yang di rasakan

Banyak manfaat yang di peroleh penulis dalam melaksanakan prakerin di PT Telkom indonesia ujung berung, penulis berhasil mendapatkan sesuai dengan yang di hrapkan yaitu dapat menambah wawasan, pengetahuan terhadap bidang pekerjaan yang di lakukan di tempat praktek, mendapat bimbingan langsung dari para pegawai Telkom dan penulis dapat membandingkan teori yang di dapat di sekolah dengan prakteknya di lingkungan kerja.










7

BAB IV

PENUTUP


    4.1 Kesimpulan

                Setelah penulis melaksanakan prakerin di PT Telkom indonesia ujung berung, penulis menyimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan proses pengurusan administrasi telah di laksanakan dengan baik, selain itu penulis juga berkesimpulan :

  • Penyusunan berkas data nomor speedy, data pengeluaran pada dasarnya terstruktur dengan baik .

  • Dalam pemasangan telpon dan speedy baru perlu penyusunan yang terstruktur


    4.2 Saran

                Untuk meningkatkan kualitas mutu dan produktipitas kerja, maka penulis memberikan beberapa saran yang mungkin dapat di jadikan bahan pertimbangan guna membantu perbaikan di PT Telkom indonesia ujung berung, seperti berikut :

  • Para pegawai hendaknya dapat lebih memperhatikan dan menghargai jam kerja guna meningkatkan kreatifitas kerja yang baik.

  • Para pegawai hendaknya dapat memegang teguh tanggung jawab yang di berikan guna memperlancar tugas-tugas yang di pegang.













8

4.3 Lampiran - lampiran







































9

MOTTO


Menjadi sukses adalah tujuan hidup bagi sebagian orang. Salah satu modal untuk meraih kesuksesan adalah dengan menjadi individu yang kreatif. Derngan kreatifitas yang di miliki seseorang di sertai dengan pengambilan langkah-langkah yang tepat dalam mengembangkan kreatifitas tersebut, kesuksesan bisa di capai. Ada beberapa langkah awal yang dapat di ambil untuk mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan ide kreatif yang anda miliki.


Motto hidup memiliki kekuatan yang lebih besar dari sekedar kata-kata. Karena biasanya motto hidup bisa jadi merupakan trespesentasi dari tujuan hidup anda ataupun hal yang ingin anda capai dalam hidup. Motto hidup bisa berupa kata-kata penyemangat seperti, hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya oleh karena itu, anda harus memiliki motto hidup untuk menjadi motifasi.

















Salam sukses


penulis




IV

Keterangan gambar


Pada gambar di atas menerangkan tentang struktur organigram DIVA REG III (Divisi Access Regional 3) yang dipimpin oleh seorang GM (General Manager). Yang di dalamnya terdiri dari 6 daerah operasional telekomunikasi yang diantaranya : SUKABUMI DAN RANGKASBITUNG, CIANJUR,TASIK DAN GARUT, CIREBON, BANDUNG 1, BANDUNG 2 yang di pimpin oleh seorang MAN (Manager).

Pada saat ini kita berada di daerah operasional BANDUNG 2 (bandung timur), di daerah ini seorang MAN di bantu oleh 4 ASMAN (Asisten manager) yang terdiri dari: ASMAN MAENTENANCE, FAULT HANDLING, PROFISIONNING, COSTUMER ACCESS. Seorang MAN dan ASMAN tersebut menbawahi 7 SO (side opration) di anteranya :

  1. SO bandung centrum

  2. SO bandung a.yani

  3. SO bandung dago

  4. SO bandung unjungbrung

  5. SO bandung cijaura

  6. SO bandung rancaekek

  7. SO bandung sumedang


Tugas dan kewajiban di masing-masing SO seperti :

  1. pasang baru telepon

  2. pasang baru speedy

  3. penanganan gangguan baik gangguan telepon / speedy

  4. maintenance (pemeliharaan)

  5. mengelola administrasi


  1. proses pemasangan baru telepon

proses pemasangan baru telepon di mulai dari orderan dari pelanggan yang meminta pemasangan telephon yang di ajuka ke bagian DCS (Divisi Costumer Service), kemudian data permintaan pemasangan baru tersebut di kirim ke bagian MDF, di ruangan ini lah proses penumperan di lakukan. Yaitu proses pemasangan kabel sesuai dengan no EQN nya.

10

setelah no EQN selesai di jumper, kemudian WO tersebut di kirim ke bagian JARLOK untuk proses pengerjaan di lapangan, kemudian proses selanjutnya adalah proses pengaktifan.


  1. proses pemasangan baru speedy

proses pemasangan baru speedy di mulai dari orderan dari pelanggan yang meminta

pemasangan speedy yang di ajuka ke bagian DCS (Divisi Costumer Service), apabila pelanggan sudah memiliki telephon dan secara tekhnik memungkinkan untuk di lakukan pemasangan, maka pelanggan tersebut dapat dilayani untuk pemesangan sepeedy baru.

Dalam speedy terdapat beberapa paket yang dapat di pilih oleh pelanggan.

Paket-paket speedy :

  1. paket LIMITED

    peket LIMITED terbagi menjadi 2 diantaranya :

    a. MAIL

      Dalam paket ini berdurasi 15 jam per hari dengan kelebihan 75 per menit dan biayanya Rp 75.000 per bulan.

        b. CHAT

          Dalam paket ini berdurasi 50 jam per hari dengan kelebihan 25 per menit dan biayanya Rp 145.000 per bulan.

  1. paket UNLIMITID

paket UNLIMITED terbagi menjadi 5 diantaranya :

a. SOSIALIA

paket ini berkapasitas 384 KBPS dengan biaya Rp 155.000 perbulan

b. LOAD

paket ini berkapasitas 512 KBPS dengan biaya Rp 295.000 perbulan

    c. FAMILIA

    paket ini berkapasitas 1 mega dengan biaya Rp 645.000 perbulan

    d. EXECUTIF

    paket ini berkapasitas 2 mega dengan biaya Rp 995.000 perbulan

    e. BIZT

    paket ini berkapasitas 3 mega dengan biaya Rp 1.695.000 perbulan

11

Dalam proses pemasangn speedy terdapat pembagi antara speedy dan telephon yang dinamakan dengan SPLITTER dengan menggunakan SPLITTER ini internet dengan telephon dapat di gunakan secara bersamaan.


Konfigurasi Sistem

Layanan Internet Access dengan menggunakan akses kabel berbasis teknologi Asymetrik Digital Subscriber Line (ADSL) yang dapat menyalurkan suara dan data secara simultan melalui satu saluran telepon biasa, dengan kecepatan maksimal 384 Kbps (dari Modem sampai dengan centre TELKOM).

  • Dipasang pada instalasi kabel eksisting

  • Jaringan di pelanggan tidak berubah

  • Ditambah perangka

1. SPLITTER

2. Modem ADSL

3. PC

4. Telepon untuk Voice












Gambar 3.1 Konfigurasi Umum ADSL




12

SPLITTER

SPLITTER adalah alat yang digunakan untuk menduplikasi saluran POTS atau saluran rumah menjadi 2 saluran juga untuk memisahkan Internet dan Datapada saluran telepon.

Contoh SPLITTER :

Gambar 3.2 Spitter



Modem atau Router ADSL

Modem ADSL adalah media yang digunkan sebagai modulator/Demodulator paket data dari/ke modulasi DSL. Dan Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan Internet 2 Network yang berbeda dan juga yang menghubungkan Internet Jaringan Lokal dengan WAN dengan proses NAT.

Jenis- jenis Modem ADSL :

Gambar 3.3 Modem / Router


3. penanganan gangguan baik gangguan telephon atau speedy

Gangguan pada telephon atau speedy sangat berpareasi salah satunya seperti :

13

  • gangguan akibat vandalisme (kecurian),fasmajer (bencana alam), dan pembangunan

cara menanggulangi nya :

- orang bagian jarlok mengecek langsung ke lokasi ke daerah yang di curi, kemudian di cek arahannya dari RK (rumah kabel) mana setelah pengecekan selesai lalu di buat surat email ke asman maintenance untuk di perbaiki.

- setelah keluar SPK (surat perintah kerja) kemudian orang bagian mitra melaksanakan pekerjaannya sampai kembali seperti semula.

  • Gangguan akibat ke BEKO

cara menanggulanginya :

- orang bagian jarlok mengecek langsung ke lokasi ke daerah yang ke beko, kemudian di cek bagian apakah yang ke beko, setelah pengecekan selesai lalu di buat surat email ke asman maintenance untuk di perbaiki.

- setelah keluar SPK (surat perintah kerja) kemudian orang bagian mitra melaksanakan pekerjaannya sampai kembali seperti semula.

  • Gangguan yang di akibatkan oleh sistem jaringan

    cara menanggulanginya :

    - dalam menangani gangguan seperti ini petugas bisa mengecek langsung ke lapangan dengan melokalisir terlebih dahulu.

    - setelah gangguan terdeteksi maka petugas langsung menanganinya.

4. maintenance (Pemeliharaan)

    pemeliharaan disini dapat di lakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan melakukan bakti telkom yaitu kegiatan yang di lakukan untuk pembersihan wilayah RK yang terlihat tidak terawat.

    Di bawah ini adalah salah satu kegiatan perawatan yang di lakukan oleh siswa PKL.







14

gambar ketika melakukan kegiatan pemeliharaan bakti telkom, membersihkan daerah RK.








15

5. pengelolaan administrasi

Pengelolaan administrasi menyangkup banyak hal, baik itu data karyawan, gaji karyawan, proses pembukuan, penyusunan data dan sebagainya. Di bagian ini lah penulis di tempatkan dalam proses pelaksanaan praktek kerja lapangan (prakerin),


































16

DAFTAR PUSTAKA

Data di atas di ambil dari hasil pkerjaan, selama melaksanakan praktek kerja industri (prakerin). Selain itu kami dapat informasi dari pihak telkom mengenai sekilas pengetahuan tentang ruang lingkup telkom...!!!



























17























































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar